09 Januari 2010

Gunakan Produk Indonesia



Free Trade Area (FTA) antara China dan ASEAN sebentar lagi akan dijelang. Hal ini yang bikin kebat kebit beberapa produsen lokal Indonesia. Takutnya sih kagak bisa bersaing dengan produk China yang lebih murah dan katanya lebih banyak peminatnya.

Hal pertama yang mau saya soroti adalah : kenapa China? China bukan Negara ASEAN dan (menurut saya) China masih terlalu besar untuk dijadikan teman bersaing bagi warga ASEAN yang lain. Jadi kenapa China harus dimasukin dalam agreement kita sesama ASEAN? Bersaing dengan sesame ASEAN aja kita belum tentu bisa survive, kok kita ngajak China?

Jadi solusi yang bisa saya tawarkan untuk hal pertama ini adalah bombe’ China. Kasi bubar mi saja China, tidak usah ikut main dengan kita.

Hal kedua adalah ngapain coba produsen Indonesia kebat kebit??? Daripada kebat-kebit-dumba’-dumba’-gleter dalam menyambut FTA 2010, lebih baik membenahi diri aja. Tekan biaya produksi, efisien dan efektifkan proses produksi, berantas korupsi dalam selimut, tingkatkan kualitas. Kalo produk lokal lebih unggul, ngapain kebat kebit jantung.

Hal ketiga, (katanya) produk China lebih banyak peminat. I don’t think so. Secara udah banyak pemberitaan kalo dairy product dari China mengandung banyak melamine atau produk kosmetiknya yang mengandung rhodamine dan formalin, saya kira konsumen Indonesia sudah mulai aware dengan ini. Jadi wahai pengusaha makanan dan Ibu Martha Tilaar, gak usah kuatir. Yang bakalan tepar adalah pengusaha garmen dan elektronik kalo menurut saya. Baju dari China lebih murah dan bagus lo katanya, lebih murah mungkin dari cakar. Lebih-lebih lagi produk elektronik. Jadi para designer Indonesia, turunkanlah harga bajumu. Anne Avantie harus banting harga nih.

Kayaknya udah sedari kecil di setiap barang yang kita pegang selalu ada tulisan Made In China-nya. Saya bermimpi suatu saat saya sekolah di Amerika dan saya memegang sebuah produk dengan tulisan Made In Indonesia-nya.

Sekali lagi buat semua warga Indonesia, gunakanlah produk Indonesia. Selamatkan produk Indonesia. Saya jamin, produk China gak lebih baik dari Indonesia.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

huahahaha, bagemana mau di bombe', sudah naluriah kalo kita pasti mencari yg termurah kalo belanja, and china provides these things. iyoi sha, sepakat utk mencintai prodak dlm negeri, biar kans pake baju label desainer tercapai, wakakakaaka... ayo budayakan BATIK 7 HARI!!! ;)