24 Januari 2008

Day #6 : Jalan-Jalan ke Sekolahan

Siang-siang jam satuan, Endy udah muncul di rumah sepulang dari kantor. Eh, gak tau ding dari mana. Saya sih sotoy menyimpulkan dari kantor karena dia make sepatu kerja yang depannya dilapisin ama besi samapi-sampai bertnya hampir 1 kilo. Dia ngajakin untuk jalan-jalan ke SMP kita jam tiga nanti, bareng Viona. Eh, saya belum ceritain siapa Viona ya? Viona itu tetangga saya. Rumahnya tepat di belakang rumah saya. Nah, dia itu kakak kelas saya, jadi dia seangkatan dengan Endy. Kenapa jam tiga? Karena mereka berdua mau makan siang dulu trus si Endy mau nyari tiket bus pulang. Rencananya sih, dia mau pulangnya besok.

Jam 3, kita udah jalan kaki bareng ke SMP kita dulu, SMP YPS Singkole. Sekarang sih namanya udah YPS Secondary School. Kenapa jalan kaki?? Karena SMPnya deket banget dengan rumah saya. Gak banget sih, tapi lumayan deket.

Masuk gerbangnya, gak banyak yang berubah. Cuma lapangan parkirnya udah ada atepnya buat mobil yang markir. Pagar kawatnya juga udah gak ada. Trus sekolahnya jadi tambah rimbun gitu, banyak tanemannya.
Tujuan awalnya sih pengen ketemu Pak Maxs, guru IT kita dulu. Sekalian mereka mau numpang browsing internet. Mumpung gratis, secara browsing internet di warnet Sorowako mahal banget. 10.000 IDR per jam bo’!!!!! Udah mahal, lelet lagi!!! Pak Maxs lumayan kaget juga ngeliat kita. Dia gak banyak berubah. Bukan gak banyak, gak berubah malahan. Tetep fun dan murah senyum kayak dulu. Mukanya juga gitu-gitu aja, gak tambah tua. Banyak sih yang diceritain bareng ama Pak Maxs, sambil browsing juga. Eh, ternyata komputernya juga lelet. Kata Pak Maxs sh karena banyak guru-guru juga yang lagi make di ruangan masing-masing. Dipake buat nyari bahan buat ngajar katanya. Buset dah (posisi terkaget-kaget)!!!! Pertama, karena tiap ruangan udah punya akses internet. Kedua, karena guru-guru udah nyari bahan ajaran dari internet. Hebat bener. Zaman kita dulu mah gak ada yang kayak gituan. Jangankan internet, nekan keyboard komputer aja sekali seminggu!!!



*Saya, Viona, Pak Maxs, Endy*


Di ruangan IT itu juga ada Pak Sardjono. Beliau adalah guru SD saya dulu, tapi ternyata udah dipindahin ke SMP. Dia ini, jago banget gambar. Jago banget. Makanya dulu dia jadi guru seni rupa kita. Bahkan, dinding-dinding di sekolahan kita dulu abis digambarin ama dia. Kayak graffiti gitu deh. Tapi setelah dipindahin, dia jadi guru elektronika. Jauh banget kan bedanya. Pas ditanyain, dia bilangnya gak papa. Supaya sekalian belajar banyak hal katanya. Aduh Pak, yang mau belajar siapa sih sebenarnya??? Gurunya atau muridnya!!


Puas browsing, kita jalan-jalan keliling sekolahan, dari blok ke blok. Udah sepi sih, abis udah pada pulang semua guru dan muridnya. Saya sih sedikit heran dengan nih anak berdua. Mau datang ke SMP kok saat-saat orang udah pada pulang. Kalo tujuannya cuma untuk browsing internet gratis, gak apa gitu. Browsing internet kan bisa dimana aja. Sedangkan ketemu guru-guru kita dula itu kan jarang dan langka banget kesempatannya. Tapi, saya sudah cukup puaslah.


Kita foto-foto di banyak sudut, termasuk di koridor panjang itu. Dulu, kalo udah pergantian pelajaran, koridor rame banget dengan anak-anak yang mau ke kelasnya masing-masing. Bingung kenapa?? Gini lo, tiap guru di sekolah punya ruangannya masing-masing. Kayak Pak Stephen, guru matematika kelas 3, punya ruangannya sendiri. Jadi kalo pergantian mata pelajaran, anak kelas 3 yang mau belajar matematika datang ke ruangannya Pak Stephen. Sistem pindah mata pelajaran pindah ruang gitu. Makanya kalo perpindahan mata pelajaran, koridor penuh dengan anak-anak yang pindah ruangan dari blok satu ke blok lainnya. Sekolahku itu ada 9 blok dan 1 blok itu ada 3 ruangan kelas. Jadi bisa kebayang gimana jauhnya kalo pindah dari ruang ekonomi di blok 9 ke ruang IT di blok 2.

*Koridor sekolahan*

Banyak perubahan yang saya lihat. Cat tiap blok sekarang sama semua, padahal dulu beda-beda. Trus tempat nongkrong gank saya dulu, DP crew a.k.a Depan Perpustakaan, udah gak ada. Sebenarnya sih bukan Depan Perpustakaan kepanjangannya tapi Depierto Pomosarve. Cuma karena kita nongkrongnya di kursi depan perpustakaan, makanya diidentikkan dengan Depan Perpustakaan crew. Saya sendiri gak tau juga artinya Depierto Pomosarve. Katanya sih dari bahasa Spanyol yang artinya persahabatan yang abadi. Gak tau bener atau tidak. Tempat nongkrong saya yang lain adalah Poklat. Pondok coklat. Masih ada sih, tapi udah gak bercat coklat lagi tapi udah biru muda. Trus sekolahan ini juga udah jadi hot spot. Jadi kita bisa leyeh-leyeh browsing internet sambil duduk di padang rumputnya kayak di brosurnya Binus. Satu lagi yang (lumayan) keren. Tiap siswa udah punya ID card masing-masing. Tanpa ID card itu, siswa gak bisa ngikutin pelajaran dan gak bisa ngapa-ngapain di lingkungan sekolah. No access without ID card!!!


Mmm..banyak yang berubah. Tapi kecintaan saya terhadap sekolah saya ini gak pernah abis. Banyak banget kenangan kalo mau diceritain. Bahkan di SMPlah masa-masa terindah bagi saya, bukan di SMA seperti kata orang-orang lain. Pak Maxs sempet bilang ama kita kalo peran alumni bener-bener sangat diharapkan untuk kemajuan sekolah kita.


“Dari kalianlah calon psikolog, calon dokter, ama calon geologist kita mengharapkan sumbangsih ide atau apapun untuk kemajuan sekolah kita ini.”


Pasti Pak!!!

Tidak ada komentar: