25 Januari 2008

Day #7 : Jalan Pagi Yang “Lumayan” Membosankan

Kemarin, Viona ngajak saya buat jalan pagi. Rutenya mau ke Pura Giri Kusuma trus ke danau. Si Endy katanya mau foto-foto dulu di pura. Kemarin waktu duduk-duduk di pondok SMP, si Endy ngeliat foto anak-anak lain (maksudnya temen-temen angkatannya yang lain) waktu jalan-jalan ke pura. Akhirnya, dia sedikit “ngiri” dan pengen juga foto-foto di pura. Saya sih ayo ajak di ajak jalan pagi. Dalam hati sih pengen juga foto-foto di pura kan, tapi gak ditunjukin kan perasaan pengennya. Ntar jatohnya malah mupeng lagi. Jadi, ya sedikit jaimlah. Akhirnya kita stuju buat mulai jalan jam enaman pagi.

Paginya saya telat bangun. Jam 6 baru bangun. Itupun bangunnya bangun kaget karena kayaknya dengar ada orang yang tereak-tereak di bawah, kirain si Ona udah manggil-manggil tapi ternyata bukan dia. Saya ngirim sms ke dia. Ternyata di juga telat bangunnya. Setelah siap-siap, jalanlah kita ke rumahnya Endy. Tiba di rumahnya, si Endynya baru bangun!!! Bujug dah, semuanya jatuh di lubang yang sama. And guess what, saya bertemu dengan Ceno di sana.

Siapa sih sosok Ceno ini sebenarnya?? Ok, saya ceritakan. Dulu, waktu SMP, kita jalan bertujuh. Ngegank gitu. Nah, suatu hari karena suatu masalah, gank kita ini pecah. Saya berempat, sedangkan si Viona bertiga. Sosok seorang Ceno mulai masuk dan bergaul dengan Viona. Nah, Ceno inilah yang paling ekstrim banget dalam musuhin kita. Bahkan kedua gank yang pecah ini pernah bertengkar + sedikit berkelahi di sebuah lapangan di luar sekolahan. Upaya rekonsiliasi terus diupayakan (cailah..) oleh kedua kubu dengan bantuan teman kita, Olen (thanks ya Len buat semuanya!!!). Tapi si Ceno ini tetep ekstrim. Maklumlah, jiwa remaja yang labil masih menguasai kita semua. Akhirnya, gak ada kata damai dan kita semuanya jalan sendiri-sendiri.

Back to our first story. Si Ceno udah dengan santai nangkring depan rumah Endy.
Viona : Cen, ngapain ko?
Ceno : Ini, tadi saya udah ke danau, dan gak ada anak-anak. Makanya saya kesini nanya ke Endy, jadi tidak rencanaya??
Saya : (dalam hati : Ha???? Anak-anak!!!! Jadi mereka ngajak temen-temen angkatan mereka??? Mereka mau ngumpul-ngumpul!!! Oh my gosh. Saya sih lumayan kenal dengan mereka semua. Bahkan dulu waktu SMP, saya akrabnya dengan kakak kelas dibandingkan dengan teman angkatan saya sendiri. Tapi kan gak enak juga kalau ngumpul dengan yang gak seangkatan. Tapi biarlah, mereka kan temen saya juga walaupun gak akrab.)

Setelah nunggu Endy siap-siap dan hujan rintik-rintik yang turun ini reda, akhirnya kita mulailah perjalanan kita. Mmmm…lumayan mengasyikkan. Apalagi ngeliat tempat-tempat yang banyak berubah dibandingkan dengan waktu kita kecil dulu. Kayak waktu lewat di Jalan Buton, Pontada, kita ngeliat rumah yang dulunya bagus banget, eh sekarang malah jadi biasa karena gak terawat. Suerr..deh, it was the best house I’ve ever seen!!! Tapi sekarang udah jelek!! Lumayan capek juga sih jalan dari perumahan F ke Pontada. Padahal dulu tiap Sabtu kita jalan juga dengan rute yang sama untuk latihan karate di D-gym sekalian nemenin gadis-gadis ini ngecengin cowok-cowok.

Sampai di sana udah ada Ana, Vinka, Ceno, dan Sri. Semuanya masih kayak yang dulu, cuma sedikit lebih mature. Iyalah, everybody’s growing up kata Endy. Ana dengan ramahnya nyapa saya malahan. Trus saya ngobrol dikit (bener-bener dikit dan seperlunya) dengan Sri. Gak sebruk yang saya pikirkan jadinya. Although emang sedikit ngebosenin karena mereka juga kan sekalian nostalgia. Tapi, it was fun!!

Overall, say enjoy dengan jalan-jalan pagi ini. Saya juga enjoy dengan keindahan Danau Matano yang gak pernah abis-abisnya. Mungkin karena cuaca yang bener-bener panas akhir-akhir ini, air danau jadi nyusut. Nyusut banget. Daerah pantainya yang dulu tergenang air sekarang nggak lagi. Malahan udah ditumbuhin ama rumput halus. Batu-batu gede di sepanjang pepohonan bakau yang dulu gak kelihatan, sekarang nongol dengan besarnya. Mungkin pengaruh global warming juga kali ya!!! Tapi, Danau Matano tetep indah dan nyimpan banyak kenangan buat kita-kita anak Sorowako.

Tidak ada komentar: