26 Januari 2008

Day #8 : I Just Love This Town !!!!

Dari kemarin sampai sekarang, perasaan ini pengen tereak terus. Pengen neriakin judul yang di atas. I don’t know why, tapi saya bener-bener ngerasa excited campur sedih. Excited karena liburan ini benar-benar menyenangkan. Ok, kalo dilihat lagi emang tidak semenyenangkan perasaan yang saya alami sekarang, tapi...oh my gosh I don’t know to make it in words. I just feel excited. Satu lagi, saya bener-bener ngerasa senang karena tujuan saya untuk melupakan hal-hal kemarin dengan liburan ini tercapai sudah. Bye problems.. Trus sedihnya karena waktu liburannya juga udah habis. Time to go to Makassar. Kembali berjuang dan berhadapan dengan the real jungle world. Si Endy juga udah pulang kembali ke Jogja kemarin. Viona bakalan balik ke Bandung tanggal 9 Februari nanti. Semuanya kembali ke pergumulan masing-masing. At least, kita membawa banyak kenangan yang indah di liburan ini (buset dah bahasanya..).

Saya bener-bener speechless waktu ngetik postingan ini. Saya bener-bener gak tau gimana cara membahasakan perasaan saya ini. Mungkin ini liburan terbaik yang saya punya akhir-akhir ini. Makanya saya juga rada malas kembali ke kehidupan rutin saya.

Hal ini benar-benar sangat berbeda dengan yang saya rasakan tahun lalu. Tahun lalu, entah mengapa, saya males banget yang namanya pulang kampong ke Sorowako. Sebenarnya sih bukan “entah mengapa” karena saya tahu alasannya yang pasti. Gak perlu saya ceritakan disini karena itu termasuk dalam paket “masalah-masalah kemarin” yang sering saya sebutkan. Ya, saya akui saya bener-bener dibutakan kemarin sampai gak bisa ngeliat the real one. Hal itulah yang menjadi salah satu penyesalan saya dalam hidup saya.

Kembali ke topik. Saya benar-benar cinta Sorowako. Gak hanya saya pastinya. Semua anak-anak yang gede atau sempat gede di Sorowako pasti juga akan ngomong begitu. O iya, kalian mungkin gak tau dimana Sorowako itu. Tenang, bukan hanya kalian yang gak athu, tapi berjuta-juta orang di luar sana gak tau di mana Sorowako itu. Hal inilah yang menjadi masalah bagi temen-teman yang pergi merantau ke tanah orang.

Seseorang : bla...bla...bla...ngomong-ngomong kamu asalnya dari mana?
Anak Sorowako : Sorowako.
Seseorang : Ha?? Apaan tuh?? Dimana tuh???
Anak Sorowako : (melongo karena gak tau harus ngejelasin bagaimana.)

Masalah klasik. Saya juga pernah mengalami begitu. Ok, saya jelaskan. Sorowako itu sebuah kota kecil, urban city for exactly, yang berada di Sulawesi Selatan. Berada dalam wilayah Sulawesi Selatan namun dekat dengan perbatasan Sulawesi Tenggara maupun Sulawesi Tengah. Apa yang membuat Sorowako menonjol? Pertama, karena dia punya kandungan nikel yang banyak sampai perusahaan internasional yang gede, INCO, membuat pabrik nikel yang juga gak kalah gede sejak tahun 1970an (kalo gak salah). Otomatis hal ini nyerap banyak pekerja lokal maupun interlokal (SLJJ kali’). Akhirnya Sorowako menjadi urban city yang majemuk penduduknya. Kedua, Sorowako punya sebuah danau yang keren, Danau Matano. Dan berdekatan dengan danau ini ada dua buah danau lagi yang lumayan gede, Danau Towuti dan Danau Mahalona. Lumayan menjadi daya tarik wisata juga sih, sekaligus menjadi icon bagi Sorowako. Penjelasan singkat dan secara garis besar dari saya. Kalo penasaran, mungkin kalian bisa cari tau lewat internet atau apalah.

Sorowako sekarang udah gede. Udah banyak perumahan dibuka dimana-mana. Kalo dati obrolan saya dengan Viona kemarin, udah banyak yang buat rumah batu (secara rumah di Sorowako itu kebanyakan rumah yang terbuat dari kayu), udah banyak juga yang buka usaha di rumah masing-masing. Kalo dulu mau pergi ke sana sini harus naik bus kota, sekarang udah ada ojeg diman-mana (ojeg bisa jadi indikator kepadatan penduduk lo!!). Kalo kata saya, Sorowako udah bener-bener padat dan tidak semenyenangkan dulu waktu kita masih kecil. Bener-bener deh, everything has change. Tapi walaupun begitu, gak sedikit anak-anak Sorowako yang udah selesai pendidikannya pengen kemabli kerja di sini lo.

Postingan saya hari ini bener-bener ngelantur. Gak ada alur cerita yang jelas, loncat sana loncat sini. Ok, back to our topic. Dari kemaren sampai sekarang, saya bener-bener pengen mengekspresikan perasaan saya ini. Pengen banget tereak.

I LOVE THIS CITY !!!
I LOVE SOROWAKO !!!!!!

Tidak ada komentar: