02 April 2008

Ujian CSL #2 - Debat Triage Dengan Dr.Sakti

Ujian hari kedua ini tidak lebih baik dari kemarin. Kelompok A dapat shift siang, tukeran dengan kelompok B yang udah ujian di pagi hari tadi.

Station 8 - Krikotiroidektomi dan Thoracocentesis

Kita yang nunggu di luar udah deg-degan dari tadi karena menurut kabar burung (*burung siapa??*) yang beredar, residen bedah yang jadi pengujinya itu galak banget. Dia yang dulu marah-marah waktu ospeknya kita bahkan sampai sempat nampar Ronald juga. Sangar kan??

Giliran saya masuk, dianya diam aja. Nyapa dulu seperti biasa. Supaya dibaik-baikin ama dia. Eh gak taunya, orangnya ramah banget. Baik banget!!!! Kalo salah, dibetulin ama dia. Mungkin karena ujian siang kali’ ya jadi dianya males marah-marah secara siang-siang begini semua manusia pada pengen tidur siang. Pokoknya sukses berat juga nih di krikotiroidektomi.

Begitu juga di thoracocentesis. Sisa ngomong dan nglakuin aja. Gak ada hambatan yang signifikan. Semoga hasilnya bagus!!

Tingkat kesulitan : 7/10
Tingkat keberhasilan : 9/10

Station 7 - Radiologi dan Triage For Mass Disaster

Radiologinya dibatalin karena dr.Bintangnya pulang. Besok deh ujian radiologinya. Numpuk dengan station lain. Jadi hari ini kita cuma ujian buat triage aja. Pengujinya dr.Sakti, menantunya rektor. Baik sih orangnya. Tutor kita di PBL juga.

Ujian yang satu ini saya hancur. Dokternya ngasi kasus yang lumayan membingungkan buat saya (*sebenarnya sih nggak buat orang lain. sayanya aja yang bego*). Ceritanya ada kecelakaan di gunung dan saya dianta make helikopter rumah sakit untuk nyelametin 2 orang disana. Sepuleh menit lagi helinya balik dan saya cuma boleh milih 1 orang untuk diangkut ke heli (*emangnya ojeg cuma bisa ngangkut 1 orang*). Pasien pertama dengan taruma kapitis, pasien kedua dengan fraktur femur. Yang mana mau diselamatkan?

Kalo saya milihnya pasien pertama karena derajat ancaman kehidupannya lebih tinggi. Tapi ternyata dari sudut tempat, sumber daya, waktu, ama kemungkinan hidup, pasien kedua yang harus diselamatkan.

Ujiannya jelek.

Tingkat kesulitan : 8/10
Tingkat keberhasilan : 3/10

Semoga besok bisa lebih baik.

Tidak ada komentar: