21 Februari 2008

Flash Back For Dementia

Kemarin adalah hari yang paling menjengkelkan. Pleno gak jadi!!!! Sebenarnya sih kalo dilihat dari konteks kalimatnya, sounds fun. Tapi sebenarnya nggak karena pasti bakaln numpuk si akhir sistem. Geri emang gak beres!! *please do not tell dr.Wasis about my statement!!*

Jam 1, dr.Akbar masuk buat ngasih kuliah neurogeriatri. Mmm...kuliahnya cukup menarik sih, tentang penyakit degeneratif, demensia, Parkinson, Alzheimer dan temen-temennya. Ada satu statement dari dr.Akbar yang lumayan menjadi pemikiran saya dan jadi ide buat nulis. Ternyata, kata dr.Akbar, salah satu terapi demensia adalah liat-liat album foto lama.

Demensia itu penyakit dengan gangguan funsi intelektual dan memori. Selain itu terjadi jugagangguan pada kemampuan mental lain seperti berpikir abstrak, penilaian, kepribadian, bahasa, praksis, dan visuospasial. Intinya, kalo orang udah mulai pikun, nah itu demensia. Nah demensia ini kebanyakan irreversible. Jadi gak bisa dibalikin jadi seperti semula lagi. Yang bisa kita buat adalah mengurangi atau memperlambat demensia itu.

Salah satu terapi demensia seperti yang disebutin adalah dengan membuka kembali album foto yang lama. Nah, dari situ kita bisa membantu pasien dengan demensia untuk mengingat kembali peristiwa atau orang-orang yang ada di balik foto itu. dengan begitu, kita bisa melatih memorinya lagi. Gitu ceritanya.

Setelah pulang, saya pikir-pikit untuk ngumpulin lagi foto-foto lama saya. Foto-foto kecil saya bareng teman-teman saya. Foto-foto SD dulu. Foto-foto SMA juga. Kan lumayan untuk penanganan kalo saya udah demensia ntar. Tapi tiba-tiba tercetus ide kalo sebenarnya blog ini pun bisa dijadiin terapi demensia bagi saya ntar. Saat saya udah tua dan udah mulai pikun, saya bisa flash back dengan membaca postingan demi postingan sambil me-recall kejadian apa aja yang ada di balik cerita itu. Sounds brilliant!!!

Tuh kan, gak percuma saya tiap hari mostingnya!! Temen saya pernah bilang kalo gak usah tiap hari mostingnya. Ntar kalo ada bahan lagi baru mosting. Ntar kalo ada moment penting baru mosting.

“Bu, postingan saya ini bisa dijadiin terapi demensia buat saya Bu!!!!

Tidak ada komentar: