24 Februari 2008

Sendiri..Sepi..

Mmm..perpisahan itu gak enak. Baik dari pihak yang meninggalkan maupun ditinggalkan. Tapi pada kasus lain cuma yang ditinggalkan yang gak enak. Misalnya ditinggal selingkuh. Tapi saya gak mau ngomongin tentang selingkuh.

Tadi pagi papa saya nelfon, mau pamitan balik ke tempat kerjanya. Udah setahunan lebih papa saya gak kerja di Sorowako lagi. Dia kerjanya eksplorasi di luar area tambang bareng timnya. Dua tahun lalu, dia ditempatkan di Sulawesi Tengah. Mulai tahun lalu dia udah di Sulawesi Tenggara. Kerjanya ya mengeksplorasi lahan dimana ada nikelnya dan berpotensi menjadi lahan tambang lagi. Dua bulan kerja di lokasi, seminggunya libur. Dan waktu satu minggu libur itu dipakai buat balik ke Sorowako.

Udah dua minggu terakhir papa saya di Sorowako. Seminggu libur plus seminggunya lagi dipakai buat training. Makanya mama saya seneng banget karena kekasih pujaan hatinya bisa lamaan dikit tinggal di rumah. Giliran mau balik tadi pagi, mama saya nangis di telepon. Dia nangis karena baru sekali ini papa saya tinggalnya lamaan dikit dan harus pergi lagi. Kesepian. Makanya dia bilang kalo saya harus sering-sering nelfon dia supaya gak kesepian lagi. Saya paham banget dengan keluhan itu secara kita sekeluarga meng hidup terpisah semua. Saya dan adik saya kuliah di Makassar, itupun gak serumah Karena adik saya tinggal di asramanya. Papa saya di campnya. Sementara mama saya cuma berdua dengan adik bungsu saya. Gimana gak kesepian. makanya mama saya selalu nyuruh kita pulang kalo ada libur-libur dikit.

Kalo masalah kesepian, saya udah (sedikit) terbiasa. Sekarang aja saya kesepian dan mendambakan pelukan seseorang. Hahaha…becanda!!!! Waktu SD dulu, saya kadang udah ninggalin ortu saya buat lomba di luar kota. Pernah saya hampir sebulan gak di rumah buat persiapan lomba siswa teladan seprovinsi Sulsel. Karantina katanya (padahal sama sekali gak mirip ama karantina lomba siswa teladan, abis kerjanya cuma duduk-duduk doang sepanjang hari!!!). Nah, kalo saya kesepian dalam karantina itu, saya nangis sendiri di kamar mandi sambil berdoa. secara malu kan kalo nangis di depan umum. Lagian waktu itu belum ada hape atau telepon yang bisa dipakai buat komunikasi ama orang tua.

Cerita lain lagi, sejak SMA sampai sekarang, saya gak tinggal lagi ama orang tua. Bener-bener berjuang sendiri deh di tengah kerasnya hidup. Kadang kangen juga ama orang tua. Tapi udah bisa terobati karena komunikasi lewat telepon udah bisa lumayan mengcover rasa kangen itu.

Back to our topic, kesepian sendiri itu gak enak. Gak enak banget!!! Tapi kadang saya benar-benar menikmati kesepian itu. banyak hal yang bisa saya refleksikan dari dalamnya. Dalam kesendirian kita juga, kadang kita menemukan hal-hal yang baru. Kayak yang dulunya saya benar-benar tergantung ama orang tua, sekarang saya udah bisa benar-benar bisa dikatakan mandiri di kota besar ini. Banyak banget pengalaman yang bisa didapatkan.

Tapi kalo semuanya itu bisa bareng-bareng keluarga, pasti kenikmatannya akan lebih lagi. Ya nggak???

Tidak ada komentar: