11 Februari 2008

Saatnya Menggantung Mic


Beberapa hari yang lalu, temen saya nelfon buat curhat. Namanya dirahasiakanlah demi kepentingan bersama. Dia itu , kalo bisa dibilang, ahlilah dalam bidang tari menarik suara. Awalnya dia nanya pendapat saya mengenai suaranya. Saya bilangnya bagus. Trus berlanjut deh ceritanya. Intinya, dia ngalamin krisis pede dengan suaranya. Menurut dia, takdir dia bukan untuk jadi penyanyi. Dia cukup terlahir sebagai seorang yang seneng dan bisa nyanyi. Nothing more.

Setelah curhat-curhatan selesai, saya malah jadi bercermin sama diri saya sendiri. Kayaknya saya juga gitu deh. Dari kecil, saya seneng nyanyi. Sejak SMU, saya mulai ikut padua suara dan ikut lomba sana sini. bakat nyanyi saya, saya asah baik-baik di paduan suara ini. Banyak ilmu yang saya dapat dari situ. Masuk kuliah, saya juga tetep nyanyi. Terakhir, saya memberanikan diri untuk ikutan audisi PSM yang mau lomba Asian Choir Games di Jakarta. Kebentur jam kuliah, saya mengundurkan diri. Saya masih tetep nyanyi sesudahnya. Tapi entah kenapa, dalam melakukan perjalanan sepanjang itu, banyak banget masalah yang memaksa saya untuk berhenti nyanyi. Masalah orang tualah, keluargalah, kepentingan ini, kepentingan itu, dan sebagainya. Bahkan saya pernah diketawain waktu nyanyi lo, dipandang sebelah mata.

Awal dan tengahnya, saya ngotot untuk tetep maju. Keep pursuing my dreams. Tapi entah mengapa, belakangan ini, masalah dan tantangan itu semakin intens datangnya. Dan hal inilah yang membuat saya berpikir untuk berhenti berusaha. Sudah saatnya saya menginjak rem dan stop. Saya pikir, mungkin saya memang cuma terlahir sebagai orang yang masuk dalam golongan “seneng nyanyi” aja. Gak lebih. Dunia saya bukan disini. Buktinya, saya udah ngetok, tapi gak ada pintu yang kebuka buat saya.

Lalu apa jadinya saya??? Selama ini, hanya menyanyilah yang dapat saya andalkan sebagai bakat saya. hanya menyanyilah yang dapat saya jadikan jawaban ketika disodori formulir yang menanyakan hobi saya (selain membaca yang menjadi hobi sejuta umat tentunya). I am nothing, now!!!!

saat ini, bener-bener baru terpikir bagi saya untuk menggali bakat saya yang lain. Bukan bakat sih, tapi kegemaran. Ok..ok.. Bahasa yang lebih tepat mungkin ‘menekuni kegemaran saya yang lain’. Menulis. Mungkin saya dapat mengeksplore diri saya lewat menulis di blog ini. Ya, saya bisa melakukannya.

Hmm..saatnya menggantung mic dan mulai mengibarkan pena!!!!

Tidak ada komentar: