02 Mei 2008

Hardiknas

Hari Pendidikan Nasional a.k.a ditandai dengan demonstrasi dimana-mana. Kayaknya se-Indonesia deh demonya, setelah tadi nonton di siaran berita tivi. Tadi aja saya sempet dapet 2 demo dalam perjalanan. Ngangkat-ngangkat karton manila dengan tulisan yang katanya mengkritisi. Mbok sekali-sekali kalo demo ya kayak demo masak, biar sekalian bagi-bagi makanan yang didemokan ke pengguna jalan yang lain. Itu namanya demo yang bermanfaat. Hallah...

Adek saya, Eki, yang kebetulan datang ke rumah juga dapet demo di jalan tadi. bahkan dia sempet ngomong, ” Hari Pendidikan Nasional kok demo. Upacara bendera kek kayak kita waktu kecil dulu.” iya ya, kata saya dalam hati. setau saya, kalo hari perayaan nasional kayak gini, kita bakalan make pakaian lengkap dan siap untuk upacara bendera walaupun bukan hari Senin. Zaman emang udah berbeda. Anak Sd sekarang aja udah ikut demo. Beneran, tadi ada di tivi.

Emang udah sepantasnya masyarakat berdemo menuntut pendidikan yang layak. Anggaran pendidikan sebesar 20% belum tercukupi. Gimana bangsa kita mau pinter. Iya gak?

Potret pendidikan kita kayaknya bener-bener kasian deh. Banyak sekolah yang udah mau roboh. fasilitas seadanya. Siswanya aja ada yang gak make seragam dan sepatu. Belum lagi dengan tunjangan dan fasilitas bagu guru yang kurang sama sekali. Masih banyak guru yang bener-bener pahlawan tanpa tanda jasa. Sama sekali gak dibayar, padahal tugasnya ngajar 5 kelas yang dijadiin satu di tengah hutan. Belum lagi masalah sistem pendidikan kita yang kata pengamat pendidikan kurang bagus. Ya iyalah gak bagus, wong tugasnya pengamat pendidikan cuma sebagai pengamat. Coba deh ganti profesi jadi penyedia solusi masalah pendidikan. Atau pekerja sukarela bidang pendidikan. Pasti sistem kita akan lebih baik. Hehehe...piss..

Hmm...kayaknya Menteri Pendidikan kita emang banyak peernya nih. Tapi yang lebih banyak peernya lagi adalah kita. Masa’ cuma Menteri Pendidikan yang mau disalahin kalo kita jadi bangsa yang bego. Bukankah setiap kita bertanggung jawab atas kelangsungan bangsa ini? Ayo dong, buat sesuatu untuk pendidikan bangsa kita. Apa kek. Minimal, buat kita pelajar dan mahasiswa, belajar yang rajin. Hehehe..standar sih, but it works loh. Kalo kta pinter trus jadi orang yang sukses, kita bisa buat yang lebih banyak kan buat pendidikan nasional kita. Dari yang cuma belajar rajin, akhirnya kita bisa buat sekolah gratis. See? It works!!
Ayo, belajar!!!

Tidak ada komentar: