04 Mei 2008

Surya

Hari ini saya kangen ama adik bungsu saya, Surya.

Mama saya kemarin datang ke sini (Makassar) buat ngurus sesuatu. Makanya dia ditinggal sendiri di rumah. Sebenarnya maunya dia juga sih. Dia gak suka yang namanya bepergian. Gak suka banget. Makanya dia milih untuk jaga rumah. Sendiri. Dan perlu dicatat, umurnya baru 11 tahun. Suatu tanggung jawab yang besar sih bagi saya buat anak seumuran dia. Tapi dia berani ngambil tanggung jawab itu dan resiko untuk belajar mandiri tanpa orang tua. Satu hal yang mungkin anak seumuran dia masih belum mandiri.

Sebenarnya ini bukan yang pertama buat dia sih. Udah sering. Makanya mama saya sangat percaya. Tapi masih tetap harus dipantau juga sih lewat telepon. Hal-hal seperti ngunci pintu, ngecek kompor, atau nutup jendela, masih harus diingatkan lewat telepon. kalo soal makanan, si dia udah ada yang masakin.

Semalam dia nelfon ke rumah. Dia kesepian, katanya. Saya tanya lagi ngapain, katanya lagi tidur-tiduran. Mungkin suasana rumah yang sepi kebawa ama kesepiannya dia juga. Makanya dia nelfon. Kita berdua ngobrol banyak. Mulai dari hal standar sampai hal gak penting soal kali-kalian. Iya, setiap saya datang ke Sorowako, saya pasti ngajar dia matematika karena dia kurang banget di matematikanya.

hal ini yang kadang-kadang membuat saya sedikit benci dengan tanggung jawab saya. Di saat anak-anak lain berkumpul dengan keluarganya, saya diharuskan pisah karena harus kuliah di tempat lain. Hal ini yang membuat saya tidak punya waktu yang cukup buat adik-adik saya.

Tapi hal itu juga yang membuat saya salut ama adik bungsu saya. Di dalam kemudaannya, dia udah menjadi seorang laki-laki yang dewasa menurut saya. Kadang kalo saya nelfon dia, saya ngomong ama dia buat jagain mama saya di rumah secara mereka cuma tinggal berdua di Sorowako. Iya, papa saya kerjanya di Sulawesi Tenggara. Eksplorasi bo’. Makanya cuma pulang dalam 6 minggu sekali. Dan ketika saya ngomong begitu, dia mengiyakan dengan berani. Salut deh sama dia.

Makanya saya kangen banget ama dia hari ini.

Tidak ada komentar: