21 Mei 2008

Tari Saman

Dari dulu sampai sekarang, saya paling kagum dengan yang namanya tarian tradisional. Mau tau tarian tradisional favorit saya?

Tari Saman.

Entah mengapa, dari semua tarian tradisional di seluruh nasional, saya paling suka ngeliat nih tarian. Kayaknya kompak aja para penarinya. Selain itu, gerakannya yang unusual -menurut saya lo- menjadi salah satu daya tariknya. Gerakannya itu dinamis, dengan kecepatan yang tinggi, formasi antara gerakan kepala, badan, dan tepukan tangannya membuat semuanya jadi harmonis. Itu yang membuat menarik.

Setelah melakukan beberapa literature searching tenatng tari Saman, saya baru sadarkalo tari ini mempunyai nilai filosofis dan sejarah yang tinggi banget. Pada awalnya, tari Saman itu sebenarnya permainan rakyat biasa. Tapi didalamnya dimasukkan syair-syair pujian kepada Tuhan oleh Syeikhnya. Syeikh itu adalah orang yang mimpin nih tarian. Dia juga yang mimpin dalam nyanyiin syair-syairnya. Nah, waktu perang di Aceh, tari Saman ini dipakai juga untuk memberi semangat buat orang-orang yang berperang. Tau kan gimana tari Saman? Dinamis banget. makanya bisa jadi salah satu pembakar semangat dalam berjuang.

Gerakan tari Saman juga mempunyai arti-arti tersendiri. Dari satu sesi ke sesi lain, membawa makna yang begitu ’nyambung’ (sorry, saya gak nemuin kata yang tepat). Dimulai dengan sesi pembukaan yang disebut ’Rengum’ yang mengagungkan Tuhan dan meminta izin untuk nari , trus lanjut ke ’Ulu Ni Lagu’ yang menjadi ’kepala’ u. Gerakannya sih masih biasa aja. Tapi kalo udah masuk ke sesi ’Lagu Lagu’, gerakan menjadi cepat, begitu juga dengan nyanyiannya. Butuh konsentrasi yang tinggi nih karena kalo satu salah, yang lainnya juga berisiko untuk salah. Trus disambung lagi dengan ’Uak Ni Kemuh’ yang berarti obatnya gerak. Gerakannya lambat karena untuk menurunkan ambience yang didapat sebelumnya. trus gerakannya jadi cepat lagi sesuai dengan aba-abanya si Syeikh ini. Terakhir ditutup dengan pentutupan berupa ucapan terima kasih dan permintaan maaf kalo ada salah kepada penonton.

Saya jadi ingat denga kejadian masyarakat Aceh yang menggugat Agnes Monica karena make tari Saman di salah satu shownya di tivi. Entah apa yang mendasari gugatan itu, tapi saya bener-bener gak tau alasannya waktu itu. Tapi sekarang saya tau kalo tarian ini punya makna yang lebih daripada sekadar tarian yang bisa dipake untuk membangkitkan ambience penonton yang nonton shownya Agnes. tarian ini punya ’cerita’ tersendiri, makanya beda dari tarian lain.

Tari Saman selalu membawa suasana yang berbeda di setiap event yang ada tari Samannya. Kayak berasa ada aja yang mambawa suasana khidmat. Makanya tari Saman udah terkenal di luar negeri juga. Dan mungkin aja harus kita patenkan sebelum diambil lagi oleh negara lain.

1 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://seni-budaya.infogue.com/tari_saman