18 Mei 2008

Jangan Ngiri Dong

Saya itu bener-bener manusia biasa. Makanya gak luput dari yang namanya marah, dendam, iri, cemburu, dan sifat-sifat manusiawi lainnya.

Akhir-akhir ini, saya suka banget ngiri. Ngiri kalo liat temen punya ini, ngiri kalo temen punya itu, dan sebagainya. Terakhir, saya ngiri dalam hati karena temen saya mau beli hape yang saya idam-idamkan dari dulu. Manusia bangetlah. Gak mau dikalahkan oleh orang lain.

Lately, saya baru sadar kalo sebenarnya saya gak perlu ngiri dengan apapun yang dipunyai oleh sesama saya. Dan ini mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan buat kamu yang ngebaca agar gak ngiri juga dengan orang lain.

Sadar gak kalo sebenarnya setiap manusia mempunyai hal (ataupun hal-hal) yang gak dimiliki oleh sesamanya. Saya gak berbicara tentang hal yang konkrit saja ya. Misalnya, saya punya perasaan sensitif yang lebih tinggi yang orang lain gak punya. Dengan perasaan sensitif itu, saya bisa lebih cepet dalam nangkep sesuatu yang dipancarkan oleh seseorang kepada saya. Selain itu, saya juga punya sejumlah talenta yang orang lain belum tentu punya. Contoh lain, saya punya keluarga yang harmonis yang orang lain belum tentu bisa merasakan.

Jadi, gak perlu ngiri kan dengan orang lain?

dulu, seorang friend of mine pernah ngiri sama saya. Kata dia, saya pinterlah, mandirilah, pinter nyanyilah, pinter nggambarlah, dan lainnya. Saya mah tertawa aja dibilangin begitu. Makasih deh, saya bilang gitu. Tapi ada beberapa hal yang saya gak punya dari temen saya itu. Saya gak punya kemampuan ’pinter bergaul’ seperti dia, saya juga gak sespontan dia dalam ngungkapin sesuatu, dan masih banyak lagi yang saya gak punya dari dia.

Kuncinya adalah bersyukur sih. Bersyukur dengan apa yang kita punya. Bersyukur dengan apa yang dikasih Tuhan ke kita. Dengan begitu, kita gak perlu ngiri kan. Pahami aja kalo rejeki dan talenta orang beda-beda. Dia yang diberikan banyak, dituntut juga untuk memberikan hasil yang lebih dibandingkan dengan dia yang diberikan sedikit.

Jangan ngiri dong Ganesha.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sy juga sering iri sama orang lain, eh tapi ternyata orang lain juga sering ngiri sama saya...hehehe. btw, gambar itu bagus, hasil karya sendiri ya. lam kenal:)