12 Mei 2008

Sepuluh Tahun Reformasi

Hari ini, tepat 10 tahun reformasi telah berjalan.

Sepuluh tahun yang lalu, mahasiswa-mahasiswa yang mengaku sebagai agen perubahan menduduki gedung MPR dan berhasil memaksa almarhum Presiden Soeharto mengundurkan diri. Dan dalam jarak 10 tahun ke belakang juga, kebebasan berpolitik benar-benar ada di tangan siapa pun sebagai bangsa Indonesia. Kebebasan politik yang dulu dibatasi kini bebas dimiliki oleh siapa saja. Perkembangan politik dalam 10 tahun kemarin benar-benar pesat. Bayangin, kita udah beberapa kali pemilu, udah beberapa kali juga ganti presiden, dan undang-undang serta kebijakan-kebijakan politik yang lahir dalam masa sepuluh tahun ini juga udah banyak banget.

Tapi kayaknya tujuan dari reformasi ini belum tercapai deh. Kemakmuran yang kita harapkan dari pergantian orde sama sekali belum nampak. Justru menurut saya berbanding terbalik dengan pencapaian kebebasan berpolitik. Masih banyak rakyat miskin, masih banyak pengangguran, kesehatan dan pendidikan yang layak masih sulit didapatkan, bahkan katanya kita udah masuk sebagai salah satu negara yang rawan pangan. How come??? Apa kata dunia??

Hari ini, mahasiswa kembali turun ke jalan. Banyak banget. Dan semakin bertambah banyak saja jumlahnya yang berdemo dan menuntut di Istana Merdeka. Mahasiswa mengkritisi kebiakan pemerintah yang akan menaikkan harga BBM bulan depan. Mungkinkah kejadian 10 tahun lalu berulang lagi? Akankah kita masuk ke zaman baru lagi? Terus terang, saya udah capek masuk keluar zaman. Terserah deh mau zaman reformasi kek, reposisi kek, rekreasi kek, yang penting kita Bangsa Indonesia bisa gemah ripah loh jinawi lagi, tongkat dilempar jadi tanaman.

2 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel di Blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di Infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!!

http://nasional.infogue.com/
http://nasional.infogue.com/sepuluh_tahun_reformasi

Anonim mengatakan...

hmmm, pandangan yang kristis Esha... mengenai reformasi.

Mahasiswa : Agent Of Change.
hmmm, ada benarnya juga.

dan yang terpenting.
Indonesia sekarang sedang kompak2nya mendukung Timnas Thomas dan Uber. heheh

Indonesia..(dung2,dung2,dung)
Indonesia..(dunk2,dunk2,dunk)