07 Maret 2008

Nyepi

Bali pasti lagi sepi-sepinya hari ini. Iya, sekarang Hari Nyepi. Secara di bali, mayoritas menganut agama Hindu juga. Eh, temen kuliah saya, Wayan, hari ini juga ngerayain Nyepi lo. Selamat ya.

Kayaknya gak sreg deh kalo kita bilang ‘ngerayain Nyepi’. Soalnya perayaan Nyepi itu sendiri jauh banget dari konotasi ‘perayaan’ yang selama ini kita anut. Gak ada hura-hura kayak tahun baru. Gak ada gulai kambing kayak Lebaran. Gak ada Pohon Natal kerlap-kerlip kayak Natalan. yang ada malah kita berdiam diri, melakukan perenungan diri, dan gak ngelakuin apa-apa.

Mungkin gak hanya umat Hindu aja yang butuh menyepi, everybody does !!! Kita udah seringkali hidup berkejaran dengan waktu, bergulat dengan masalah, bertanding dengan dateline. dan saya rasa semua manusaia cukup capek dan lelah dengan itu semua. Kita juga udah capek banget denger yang namanya tingkat kriminalitas yang semakin menjahat, harga-harga yang melonjak naik, bencana alam dimana-mana, penyakit menjadi wabah di tivi. Dan saya rasa kita butuh untuk menjauh dari itu semua dulu, barang sehari saja. Melakukan perenungan diri, koreksi, dan introspeksi. gak papa deh kalo perekonomian lumpuh sehari aja. Toh dengan melakukan hal ini, kita mungkin bisa dapat sesuatu yang baru, semacam pencerahan yang membuat kita menjadi manusia yang lebih baik lagi keesokan harinya. Ya nggak???

Tidak ada komentar: