03 Maret 2008

Sistem Baru

Hari pertama kuliah sistem gawat darurat dan traumatologi. Gak boleh telat!!! Gak boleh telat sama sekali. No excuse deh pokoknya.

Dengan kecepatan penuh dan gak sesantai biasanya, saya mempersiapkan pagi saya. Cepet-cepet nyiapin sarapan ama susu. Cepet-cepet beresin kamar. Cepet-cepet mandi ama make baju. Cepet-cepet nyuci piring bekas sarapan. Semua beres minus 10 menit masuk kuliah. Untung saya masih sempat saat teduh tadi waktu bangun pagi. Kalo itu mah harus !

Tepat jam 07.30 udah nyampai di kampus. Residennya udah di dalam kelas. Bener-bener disiplin banget. saya juga harus beneran disiplin. Kalo nggak, ketinggalan banget ntar dengan sistem ini. Dosennya sendiri masuk telat about 20 menitan dari jadwal seharusnya. Dia masuk buat ngasih kuliah juga tapi diawali dengan kuliah pendahuluan tentang sistem itu sendiri.

Here’s the real fact about trauma.

Satu. Kuliahnya cuman dikit. Cuma sampai kamis ini, kuliahnya semua udah kelar. Tetep, sistem di semester akhir adalah sistem yang menyangkut dengan semua sistem dari ujung rambut ampe ujung kuku jempol kaki. Satu hal lagi yang menyenangkan, kuliahnya cuma sampai jam 2 tiap harinya. Biasanya kan sampai jam 5an. Thanks God, aku bisa ngerasain nikmatnya tidur siang lagi.

Dua. CSLnya ada sebelas bo’!!!! Gak kebayang gimana ntar kalo ujiannya. Dari CSL penanganan ABC (Airway, Breathing, Circulation) sampai menjahit luka pun masuk. Ada penanganan terhadap mass disaster juga!!! Jangan gila dong *ngondek mode:on*.

Apa lagi yang lebih baik????

Satu hal yang gak bener tentang sistem trauma ini. Setelah menjalani hari pertama, saya bisa menyimpulkan kalo ternyata anak-anak masih bisa kalasi (curang) dalam hal absent. Gak sampai diabsen ulang kok seperti cerita-cerita sebelumnya !!! Residennya juga gak bawa absent ke meja kita masing-masing. mau tau buktinya? Lihat aja kuantitas anak yang ngikutin kuliah dari jam pertama ampe terakhir. Tiap pergantian jam selalu berkurang 20%. Dari jam pertama yang 200an anak hadir (karena takut duluan ama cerita-cerita yang beredar) menjadi kurang dari 100 di akhir kelas.

See??

Tidak ada komentar: